, , , , , ,

Liburan di Kota Jogja bersama anak tersayang

14.06

AgungWinoto.Com- Jogja, selalu ada cerita indah disana..hehe...siapa yang belum pernah ke jogja?..main ke jogja yuk..kali ini saya akan bercerita pengalaman saya kemaren 28 juni 2015, jalan jalan bersama "anak Lanang" di kota jogja.
kisahnya berawal dari istri saya yang kemern 1 hari ada kegiatan pengajian bersama teman temannya, dan anak saya daripada ikut ibunya nanti malah ibunya repot. maka saya minta untuk di rumah saja bersama saya, yang memang kalau hari minggu saya nggaa jualan. saya janjikan nanti kita jalan jalan ya le..(panggilan kesangan saya kepadanya)..
"kemana yah.." tanya richi anak saya.  cowok yang sekarang berumur 3,5 tahunan
"em...naik andong yuk...ke malioboro" ajak saya
"ayuk yah.." jawabnya dengan girang.

jam 6.30an istri saya berangkat, dan saya mulai aktifitas saya bersama jagoan kecilku. di awali dengan sarapan dulu..dan mainan sebentar sampai jam 08.00..saking senengnya akan di ajak naik "tuk tek " itu sebutan anak saya terhadap andong, karena bunyi kaki kuda.."tuk tek, tuk tek, tuk tek.." hehehehe dia terus mengajak saja saya unutk segera berangkat..padahal jam segitu andong belum berangkat..akhirnya jam 8 saya ajak berangkat..
Rumah saya di gamping, sleman, yogyakarta sebelah barat kota jogja. sehingga jalur andong berangkat ke malioboro lewat daerah saya. keuntungannya tarif andong seiklasnya saja..tanpa tarif. karena sekalian andong berangkat. enak kan...hehehe..cukup 20.000 dari gamping ke malioboro..murah kan...kalo tega bisa kok ngasih 10.000.
setelah menunggu beberapa menit akhirnya ada andong yang lewat...saya stop dan kami naik..perjalan naik andong di mulai...betapa senangnya richi..terlihat dari wajahnya..dan cerita cerita sepanjang jalan..

Liburan di Kota Jogja bersama anak tersayang
haloo....hehehehe

Di perjalanan saya berfikir mau kemana saja nanti setelah sampai di malioboro...ke ke stasiun tugu trus naik kereta ke solo, atau naik bis muter muter jogja, atau apa ya...
Liburan di Kota Jogja bersama anak tersayang
mau naik andong yang mana?

akhirnya sampai juga di malioboro, andong berhenti di depan pasar bringharjo, di barat jalan. 
"main kemana le?" taya saya kepada richi,, "ke selatan atau ke utara?"
"keselatan saja yah.." jawab richi..
"yuk.." jawab saya.
dan kami mulai berjalan ke selatan menyusuri jalan malioboro. saya masih belum memutuskan untuk pergi keman setelah ini. kami menyeberang jalan untuk jalan di sisi timur jalan malioboro.
dan sampailah kami di depan Beteng Vredeburg, iseng iseng richi saya ajak masuk.
"masuk ke sana yuk le?"
"lihat apa yah?" tanya richi
karena saya belum pernah masuk kesana maka saya jawab " lihat lihat aja,..yuk?"
"yuk yah.." jawab richi
Liburan di Kota Jogja bersama anak tersayang
Richi sedang melihat ikan di kolam depan beteng Vredeburg

karena saya belum pernah masuk ke Beteng Vredeburg, jadi saya belum tau apakah bayar retribusi ataukah gratis, maka saya bertanya dulu penjaga yang ada di pintu masuk, dan kata beliau saya harus beli tiket dulu, saya lagsung beli tiket di samping kiri,ada loket pembelian tiket masuk. 
saya bertanya kepada ibu penjaga loket berapa tarifnya,,kaget saya karena tarifnya di luar dugaan saya..CUMA 2.000. itupun cuma saya yang bayar, jadi richi belum kena tarif..
Liburan di Kota Jogja bersama anak tersayang
tiket masuk

Begitu masuk ke area beteng, saya kagum juga dengan tempat ini, tempatnya nyaman dan tidak terlalu ramai, halaman yang luas dengan rumput hijau yang menghiasi. pohon pohon besar yang membuat tempat menjadi teduh, di kanan kiri berdiri gedung gedung yang besar, sepertinya gedung peninggalan jaman penjajahan dulu. dan tempat ini ternyata di dalam Beteng yang kokoh dan tinggi dan kita bisa berjalan di atas beteng untk melihat daerah sekitar, seperti titik nol kilometer, kantor pos besar, BI, Gedung agung, Taman Pintar, pasar bringharjo..

mulailah penjelajahan kami di Beteng Vredeburg. yang pertama kami lakukan adalah mencari kamar kecil karena richi mau buang air kecil. dan setelah dari kamar kecil richi saya ajak masuk ke ruangan ruangan yang ada di sana, dan sepertinya isinya gambar gambar sejaraha jaman dahulu. tapi richi ngga mau, dia maunya mainan di luar saja.
ok lah,,kita main main di luar saja. pandangan saya tertuju di persewaan sepeda, dan ada juga becak kecil, 
"le..naik becak yuk?" tanya saya kepada richi
"becak mana yah?.." richi balik bertanya
"itu..mau ngga? " jawab saya sambil menunjuk ke arah persewaan sepeda dan becah.
"mau yah.." jawab richi sambil berlari ke arah becah. dan dia langsung mencoba naik ke atas becak,  sementara saya bertanya kepada bapak yang menyewakan becak tersebut.
"berapa pak?"
tanya saya menanyakan tarif sewanya
" yang becak ya pak? 15.000 pak" jawab bapak itu dengan ramah.
"iya pak." jawab saya sambil menyodorkan uang untuk membayar sewanya.
Liburan di Kota Jogja bersama anak tersayang
becak becak...

Liburan di Kota Jogja bersama anak tersayang
penasaran mau naik sendiri hehehe

Liburan di Kota Jogja bersama anak tersayang
salim sama pak kumis hehehe
kamipun berkeliling di dalam beteng vredegurg dengan becak kecil, sangat menyenangkan, richi senang sekali dan sayapun juga sangat senang, ternyata mengayuk becak itu capek,,hehehe.
kami berkeliling dari halaman satu ke halaman yang lain, dari gedung satu ke gedung yang lain. dan tak lupa kami abadikan moment liburan in dengan foto foto, karena kami berdua maka saya minta tolong kepada seorang pengunjung untuk memfoto kami..hehee.. terimakasih ya mbak..semoga mbak membaca blog ini,,hehehe sebelum keluar dari beteng kami sempatkan naik ke atas beteng dan berjalan di sana, di sisi selatan, melihat kantor pos besar, BI dan nol kilometer..
kamudian kami duduk duduk dulu di halaman yang nyaman dan teduh oleh pohon pohon besar yang tumbuh disana. sambil bercerita...


Setelah di rasa cukup, kami melanjutkan untuk pergi ke taman pintar, yang letaknya di belakang beteng vredeburg.

sampai disini dulu ya..nanti saya lanjut di artikel berikutnya tentang liburan di Taman Pintar.








Baca Artikel Yang Lain Juga ya...

9 komentar

  1. Enaknya punya anak kecil, bisa buat alesan pdhl bapaknya yg pengin mainan becak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha...anak saya juga suka kok mbak,,dan saya lebih suka..hehehe

      Hapus
  2. Jadi pengen ke Jogja saya. Pengen nyoba naik andong, seumur hidup pernah naik andong. Itu 15.000 tarif sewa becaknya untuk berapa lama, Mas? Kayak agak mahal kalau harga segitu.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo g salah setengah jam mas,,,tapi kemaren kayaknya lebih dari setengah lam karena saya ngga tau kalo 15.000 per setengah jam..heheheayo ke jogja mas..seru lho...

      Hapus
  3. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Agung... Alhamdulillah, ide yang bagus buat Richi yang pastinya gembira dilayani ayah dengan berliburan di Jogja. Selain itu, memang baik untuk mengambil waktu bersama anak-anak yang sering diitinggalkan saat berkerja ya. seneng melihat wajah bahagia Richi. Salam sejahtera dari sarikei, Sarawak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr.wb..mbak fatimah..iya mbak alhamdulillah bisa mengajaknya bermain, bercerita dan bersenang senang. kadang saya ajak berkebun, main tanah, main air,,hehehehe
      salam dari jogja mbak...

      Hapus
  4. bintang, malah belum pernah ke benteng verderbrug

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesana mas,,seru lho..tempatnya enak untuk keluarga

      Hapus
  5. Asiknya di Jogja. Banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi :)

    BalasHapus

BERLANGGANAN ARTIKEL

Dapatkan email di setiap artikel baru.

Twitter

Arsip Blog